Horas Ma Dihita Saluhutna

Inilah Daftar Marga Batak yang paling Komplit Berdasarkan Abjad

BATAK NETWORK - Horasma di hita saluhutna. Kembali Batak Network berbagi Turi-turian palas ni roha (baca cerita yang menyenangkan). Kali ini kita akan membahasi Daftar marga Suku Batak, baik Batak Toba, Karo, Simalungun, Mandailing, Pakpak dan Angkola. Penasaran? Yuk kita simak di bawah ini.

Inilah Daftar Marga Batak yang paling Komplit Berdasarkan Abjad

Inilah Daftar Marga Batak yang paling Komplit Berdasarkan Abjad
Tulisan ini dikutip dari buku: Ruhut-ruhut ni Adat Batak, Karya besar : Alm. H.B. Situmorang, Penerbit: BPK Gunung Mulia, Jakarta – 1983. Mohon maaf, apabila ada kekeliruan dan kekurangannya mohon dikoreksi ulang.

A.

1. AMBARITA
2. AMPAPAGA (SIAMPAPAGA)
3. AMPUN (NAHAMPUNGAN)
4. ANGKAT
5. ANGKAT SINGKAPAL
6. ARITONANG
7. ARUAN

B.

8. BABIAT
9. BAHO (NAIBAHO)
10. BAKO
11. BANJARNAHOR (NAINGGOLAN)
12. BANJARNAHOR (MARBUN)
13. BANCIN
14. BAKKARA
15. BARINGBING (TAMPUBOLON)
16. BARUARA (TAMBUNAN)
17. BARUTU (SITUMORANG)
18. BARUTU (SINAGA)
19. BATUARA (NAINGGOLAN)
20. BATUBARA
21. BERASA
22. BARAMPU
23. BARINGIN
24. BINJORI
25. BINTANG
26. BOANGMANALU
27. BOLIALA
28. BONDAR
29. BORBOR
30. BUATON
31. BUNUREA (BANUAREA)
32. BUNJORI
33. BUTARBUTAR

D.

34. DABUTAR (SIDABUTAR ?)
35. DAIRI (SIMANULLANG)
36. DAIRI (SINAMBELA)
37. DALIMUNTA (MUNTE ?)
38. DAPARI
39. DAULAE
40. DEBATARAJA (SIMAMORA)
41. DEBATARAJA (RAMBE)
42. DOLOKSARIBU
43. DONGORAN
44. DOSI (PARDOSI)

G.

45. GAJAA
46. GAJADIRI
47. GAJAMANIK
48. GIRSANG
49. GORAT
50. GULTOM
51. GURNING
52. GUSAR

H.

53. HABEAHAN
54. HARAHAP
55. HARIANJA
56. HARO
57. HAROHARO
58. HASIBUAN
59. HASUGIAN
60. HUTABALIAN
61. HUTABARAT
62. HUTAJULU
63. HUTAGALUNG
64. HUTAGAOL (LONTUNG)
65. HUTAGAOL (SUMBA)
66. HUTAHAEAN
67. HUTAPEA
68. HUTASOIT
69. HUTASUHUT
70. HUTATORUAN
71. HUTAURUK

K.

72. KASOGIHAN
73. KUDADIRI

L.

74. LAMBE
75. LIMBONG
76. LINGGA
77. LONTUNG
78. LUBIS
79. LUBIS HATONOPAN
80. LUBIS SINGASORO
81. LUMBANBATU
82. LUMBANDOLOK
83. LUMBANGAOL (MARBUN)
84. LUMBANGAOL (TAMBUNAN)
85. LUMBAN NAHOR (SITUMORANG)
86. LUMBANPANDE (SITUMORANG)
87. LUMBANPANDE (PANDIANGAN)
88. LUMBANPEA (TAMBUNAN)
89. LUMBANRAJA
90. LUMBAN SIANTAR
91. LUMBANTOBING
92. LUMBANTORUAN (SIRINGORINGO)
93. LUMBANTORUAN (SIHOMBING)
94. LUMBANTUNGKUP

M.

95. MAHA
96. MAHABUNGA
97. MAHARAJA
98. MALAU
99. MALIAM
100. MANALU (TOGA SIMAMORA)
101. MANALU-RAMBE
102. MANALU (BOANG)
103. MANIK
104. MANIK URUK
105. MANURUNG
106. MARBUN
107. MARBUN SEHUN
108. MARDOSI
109. MARPAUNG
110. MARTUMPU
111. MATANIARI
112. MATONDANG
113. MEHA
114. MEKAMEKA
115. MISMIS
116. MUKUR
117. MUNGKUR
118. MUNTE (NAIMUNTE ?)

N.

119. NABABAN
120. NABUNGKE
121. NADAPDAP
122. NADEAK
123. NAHAMPUN
124. NAHULAE
125. NAIBAHO
126. NAIBORHU
127. NAIMUNTE
128. NAIPOSPOS
129. NAINGGOLAN
130. NAPITU
131. NAPITUPULU
132. NASUTION
133. NASUTION BOTOTAN
134. NASUTION LONCAT
135. NASUTION TANGGA AMBENG
136. NASUTION SIMANGGINTIR
137. NASUTION MANGGIS
138. NASUTION JORING

O.

139. OMPUSUNGGU
140. OMPU MANUNGKOLLANGIT

P.

141. PADANG (SITUMORANG0
142. PADANG (BATANGHARI0
143. PANGARAJI (TAMBUNAN)
144. PAKPAHAN
145. PAMAN
146. PANDEURUK
147. PANDIANGAN-LUMBANPANDE
148. PANDIANGAN SITANGGUBANG
149. PANDIANAGN SITURANGKE
150. PANJAITAN
151. PANE
152. PANGARIBUAN
153. PANGGABEAN
154. PANGKAR
155. PAPAGA
156. PARAPAT
157. PARDABUAN
158. PARDEDE
159. PARDOSI-DAIRI
160. PARDOSI (SIAGIAN)
161. PARHUSIP
162. PASARIBU
163. PASE
164. PASI
165. PINAYUNGAN
166. PINARIK
167. PINTUBATU
168. POHAN
169. PORTI
170. POSPOS
171. PULUNGAN
172. PURBA (TOGA SIMAMORA)
173. PURBA (RAMBE)
174. PUSUK

R.

175. RAJAGUKGUK
176. RAMBE-PURBA
177. RAMBE-MANALU
178. RAMBE-DEBATARAJA
179. RANGKUTI-DANO
180. RANGKUTI-PANE
181. REA
182. RIMOBUNGA
183. RITONGA
184. RUMAHOMBAR
185. RUMAHORBO
186. RUMAPEA
187. RUMASINGAP
188. RUMASONDI

S.

189. SAGALA
190. SAGALA-BANGUNREA
191. SAGALA-HUTABAGAS
192. SAGALA HUTAURAT
193. SAING
194. SAMBO
195. SAMOSIR
196. SAPA
197. SARAGI (SAMOSIR)
198. SARAGIH (SIMALUNGUN)
199. SARAAN (SERAAN)
200. SARUKSUK
201. SARUMPAET
202. SEUN (SEHUN)
203. SIADARI
204. SIAGIAN (SIREGAR)
205. SIAGIAN (TUAN DIBANGARNA)
206. SIAHAAN (NAINGGOLAN)
207. SIAHAAN (TUAN SOMANIMBIL)
208. SIAHAAN HINALANG
209. SIAHAAN BALIGE
210. SIAHAAN LUMBANGORAT
211. SIAHAAN TARABUNGA
212. SIAHAAN SIBUNTUON
213. SIALLAGAN
214. SIAMPAPAGA
215. SIANIPAR
216. SIANTURI
217. SIBANGEBENGE
218. SIBARANI
219. SIBARINGBING
220. SIBORO
221. SIBORUTOROP
222. SIBUEA
223. SIBURIAN
224. SIDABALOK
225. SIDABANG
226. SINABANG
227. SIDEBANG
228. SIDABARIBA
229. SINABARIBA
230. SIDABUNGKE
231. SIDABUTAR (SARAGI)
232. SIDABUTAR (SILAHISABUNGAN)
233. SIDAHAPINTU
234. SIDARI
235. SIDAURUK
236. SIJABAT
237. SIGALINGGING
238. SIGIRO
239. SIHALOHO
240. SIHITE
241. SIHOMBING
242. SIHOTANG
243. SIKETANG
244. SIJABAT
245. SILABAN
246. SILAE
247. SILAEN
248. SILALAHI
249. SILALI
250. SILEANG
251. SILITONGA
252. SILO
253. SIMAIBANG
254. SIMALANGO
255. SIMAMORA
256. SIMANDALAHI
257. SIMANJORANG
258. SIMANJUNTAK
259. SIMANGUNSONG
260. SIMANIHURUK
261. SIMANULLANG
262. SIMANUNGKALIT
263. SIMARANGKIR (SIMORANGKIR)
264. SIMAREMARE
265. SIMARGOLANG
266. SIMARMATA
267. SIMARSOIT
268. SIMATUPANG
269. SIMBIRING-MEHA
270. SEMBIRING-MELIALA
271. SIMBOLON
272. SINABANG
273. SINABARIBA
274. SINAGA
275. SIBAGARIANG
276. SINAMBELA-HUMBANG
277. SINAMBELA DAIRI
278. SINAMO
279. SINGKAPAL
280. SINURAT
281. SIPAHUTAR
282. SIPAYUNG
283. SIPANGKAR
284. SIPANGPANG
285. SIPARDABUAN
286. SIRAIT
287. SIRANDOS
288. SIREGAR
289. SIRINGKIRON
290. SIRINGORINGO
291. SIRUMAPEA
292. SIRUMASONDI
293. SITANGGANG
294. SITANGGUBANG
295. SITARIHORAN
296. SITINDAON
297. SITINJAK
298. SITIO
299. SITOGATOROP
300. SITOHANG URUK
301. SITOHANG TONGATONGA
302. SITOHANG TORUAN
303. SITOMPUL
304. SITORANG (SITUMORANG)
305. SITORBANDOLOK
306. SITORUS
307. SITUMEANG
308. SITUMORANG-LUMBANPANDE
309. SITUMORANG-LUMBAN NAHOR
310. SITUMORANG-SUHUTNIHUTA
311. SITUMORANG-SIRINGORINGO
312. SITUMORANG-SITOHANG URUK
313. SITUMORANG SITOHANG TONGATONGA
314. SITUMORANG SITOHANGTORUAN
315. SITUNGKIR
316. SITURANGKE
317. SOBU
318. SOLIA
319. SOLIN
320. SORGANIMUSU
321. SORMIN
322. SUHUTNIHUTA-SITUMORANG
323. SUHUTNIHUTA-SINAGA
324. SUHUTNIHUTA-PANDIANGAN
325. SUMBA
326. SUNGE
327. SUNGGU

T.

328. TAMBA
329. TAMBAK
330. TAMBUNAN BARUARA
331. TAMBUNAN LUMBANGAOL
332. TAMBUNAN LUMPANPEA
333. TAMBUNAN PAGARAJI
334. TAMBUNAN SUNGE
335. TAMPUBOLON
336. TAMPUBOLON BARIMBING
337. TAMPUBOLON SILAEN
338. TAKKAR
339. TANJUNG
340. TARIHORAN
341. TENDANG
342. TINAMBUNAN
343. TINENDUNG
344. TOGATOROP
345. TOMOK
346. TORBANDOLOK
347. TUMANGGOR
348. TURNIP
349. TURUTAN

Tj ( C).

350. TJAPA (CAPA)
351. TJAMBO (CAMBO)
352. TJIBERO (CIBERO)

U.

353. UJUNG-RIMOBUNGA
354. UJUNG-SARIBU

KAROKARO:

355. KAROKARO BARUS
356. KAROKARO BUKIT
357. KAROKARO GURUSINGA
358. KAROKARO JUNG
359. KAROKARO KALOKO
360. KAROKARO KACARIBU
361. KAR0KARO KESOGIHAN
362. KAROKARO KETAREN
363. KAROKARO KODADIRI
364. KAROKARO PURBA
365. KAROKARO SINURAYA (dari sian raya)
366. KAROKARO SEKALI
367. KAROKARO SIKEMIT
368. KAROKARO SINABULAN
369. KAROKARO SINUAJI
370. KAROKARO SINUKABAN
371. KAROKARO SINULINGGA
372. KAROKARO SIMURA
373. KAROKARO SITEPU
374. KAROKARO SURBAKTI

TARIGAN

375. TARIGAN BANDANG
376. TARIGAN GANAGANA
377. TARIGAN GERNENG
378. TARIGAN GIRSANG
379. TARIGAN JAMPANG
380. TARIGAN PURBA
381. TARIGAN SILANGIT
382. TARIGAN TAMBAK
383. TARIGAN TAMBUN
384. TARIGAN TAGUR
385. TARIGAN TUA
386. TARIGAN CIBERO

PERANGINANGIN

387. PERANGINANGIN-BENJERANG
388. PERANGINANGIN BANGUN
389. PERANGINANGIN KABAK
390. PERANGINANGIN KACINABU
391. PERANGINANGIN KELIAT
392. PERANGINANGIN LAKSA
393. PERANGINANGIN MANO
394. PERANGINANGIN NAMOHAJI
395. PERANGINANGIN PANGGARUN
396. PERANGINANGIN PENCAWAN
397. PERANGINANGIN PARBESI
398. PERANGINANGIN PERASIH
399. PERANGINANGIN PINEM
400. PERANGINANGIN SINUBAYANG
401. PERANGINANGIN SINGARIMBUM
402. PERANGINANGIN SINURAT
403. PERANGINANGIN SUKATENDE
404. PERANGINANGIN ULUJANDI
405. PERANGINANGIN UWIR

GINTING

406. GINTING BAHO
407. GINTING BERAS
408. GINTING GURUPATIH
409. GINTING JADIBATA
410. GINTING JAWAK
411. GINTING MANIK
412. GINTING MUNTE
413. GINTING PASE
414. GINTING SIGARAMATA
415. GINTING SARAGIH
416. GINTING SINUSINGAN
417. GINTING SUGIHEN
418. GINTING SINUSUKA
419. GINTING TUMANGGER
420. GINTING CAPA

SEMBIRING

421. SEMBIRING-BRAHMANA
422. SEMBIRING BUNUHAJI
423. SEMBIRING BUSUK (PU)
424. SEMBIRING DEPARI
425. SEMBIRING GALUK
426. SEMBIRING GURU KINAYA
427. SEMBIRING KELING
428. SEMBIRING KELOKO
429. SEMBIRING KEMBAREN
430. SEMBIRING MELIALA
431. SEMBIRING MUHAM
432. SEMBIRING PANDEBAYANG
433. SEMBIRING PANDIA
434. SEMBIRING PELAWI
435. SEMBIRING SINULAKI
436. SEMBIRING SINUPAYUNG
437. SEMBIRING SINUKAPAR
438. SEMBIRING TAKANG
439. SEMBIRING SOLIA

MARGA SILEBAN MASUK TU BATAK

SINAGA

440. SINAGA NADIHAYANGHOTORAN
441. SINAGA NADIHAYANGBODAT
442. SINAGA SIDABARIBA
443. SINAGA SIDAGURGUR
444. SINAGA SIDAHAPINTU
445. SINAGA SIDAHASUHUT
446. SINAGA SIALLAGAN
447. SINAGA PORTI

DAMANIK

448. DAMANIK-AMBARITA
449. DAMANIK BARIBA
450. DAMANIK GURNING
451. DAMANIK MALAU
452. DAMANIK TOMOK

SARAGI

453. SARAGIH-DJAWAK
454. SARAGIH DAMUNTE
455. SARAGIH DASALAK
456. SARAGIH GARINGGING
457. SARAGIH SIMARMATA
458. SARAGIH SITANGGANG
459. SARAGIH SUMBAYAK
460. SARAGIH TURNIP

PURBA

461. PURBA BAWANG
462. PURBA DAGAMBIR
463. PURBA DASUHA
464. PURBA GIRSANG
465. PURBA PAKPAK
466. PUBA SIIDADOLOK
467. PURBA TAMBAK

HALAK SILEBAN NA MASUK TU MARGA NI BATAK

468. BARAT ( SIAN HUTABARAT)
469. BAUMI (MSRINGAN DI MANDAILING)
470. BULUARA ( MARINGANAN DI SINGKIL)
471. GOCI (MARINGANAN DI SINGKIL)
472. KUMBI (MARINGANAN DI SINGKIL)
473. MASOPANG (DASOPANG) SIAN HASIBUAN
474. MARDIA (MARINGAN DI MANDAILING)
475. MELAYU (Maringan di Singkel) SIAN MALAU
476. NASUTION (deba mangakui siahaan do nasida pomparan ni si Badoar [sangti]
477. PALIS ( MARINGAN DI SINGKILDOLOK)
478. RAMIN (MARINGAN DI SINGKIL)
479. RANGKUTI ( didok deba nasida, turunan ni Sultan Zulqarnain sian Asia tu Mandailing)

Demikianlah tulisan Batak Network mengenai Daftar Marga Batak. Semoga bermanfaat dan berguna. Sekali lagi, bila ada kekurangan bahkan kelebihan, mohon segera diberi komentar, karena komentar Anda sangat berguna untuk situs ini. Salam penuh kasih dari Tuhan, Horas. Tuhan memberkati.

Tulisan ini disadur dari Halaman Facebook Batak
Sumber: Halaman Facebook Batak dan Group Anak Siantar (GAS)

Inilah Daftar Marga Batak yang paling Komplit Berdasarkan Abjad
Saya bangga jadi orang Batak (Foto: Google.com)

Keterangan Tambahan: Mohon dicermati, bahwa tulisan ini hanya pemaparan Marga berdasarkan Abjad, bukan pembagian marga (ompu marompu-ompu) = Sotung dirippu hamu hami namamola-mola, palias i. = Sekali lagi berdasarkan Abjad. Bisa jadi dua kali ditulis, misalnya 290. SIRINGORINGO sama dengan 311. SITUMORANG-SIRINGORINGO. Bila memang ada marga yang tidak tercanctum di atas, nanti kita update tapi di kolom tersendiri, karena diatas merupakan tulisan dari buku: Ruhut-ruhut ni Adat Batak, Karya besar : Alm. H.B. Situmorang, Penerbit: BPK Gunung Mulia, Jakarta – 1983. Satu hal, kami disini bukan pateal-patealhon. Kami senang dikritik dan diberi tanggapan. Justru kami semakin tambah pengetahuan bila ada masukan. Mauliate.

44 Responses to "Inilah Daftar Marga Batak yang paling Komplit Berdasarkan Abjad"

  1. Mulak-ulak gak . Gak ada marha si borutorop , togatorop yang ada!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe, kan marga do.... dan boru.... hehehe

      Delete
    2. Aku br
      tambunan...suamiku marga siborutorop masuk togatorop...memang baru dr ompung suamiku yg pake marga siborutorop.

      Delete
    3. Aku br Tambunan...suamiku marga Siborutorop dan dr ompung sdh pake marga Siborutorop...betul masuk Togatorop

      Delete
  2. Olo ma Toho doi baa, na penting nga adong na manulisshon marga2 halak kita, molo benar dok salah nai, ba rap ma hita mangaleon dalan patohohon na, dangi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toho hian katua... hami dok do, molo hurang manang lobi, paboa hamu, asa ta padenggan. horas.

      Delete
  3. Yoii ito..
    Pasaribu, habeahan, bondar, gorat dan saruksuk.

    Pemecah ne artikel...
    Kampretossss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan pemecah kami amang/inang, kan hudok do, tolong dicek, molo adong nahurang asa hami tambahi, molo lobi asa tahurangi. hami holan mampublis do daba. asa adong do pengetahuan umum

      Delete
    2. iye koplak ni orang, dari ni artikel gw bisa tau padahal. bukan di tanggepin positif. Manusia kurang piknik

      Delete
    3. Baen ma amang Ivan Oliver, mungkin amang / inang i dang dibacanya terakhir2... hape hami dok do silahkan dicek, kalo kurang atau lobi baen saran. sama-sama belajar do hita.

      Delete
  4. Bagus untuk suatu pengetahuan. Masih banyak yg perlu diperbaiki. Bagusnya penulis membahas atau konfirmasi ke masing2 marga.

    ReplyDelete
  5. Baru tau klo Hutagaol ada dua... Saya masuk yang mana ya? Hahahaha

    ReplyDelete
  6. Dang adong Banjarnahor Nainggolan.

    Nainggolan Lumban Nahor do na adong.

    ReplyDelete
  7. Masukan kak, kami marga sagala tidak dipecah pecah seperti itu. Seakan akan bangunrea, hutabagas dan hutaurat adalah marga sendiri sendiri. Semua keturunan sagala raja sampai hari ini masih memakai nama ompung kami sebagai marga kami. Bangunrea (hutaruar), hutabagas dan hutaurat adalah penanda asal kampung/huta dari masing-masing marga sagala.

    Contohnya bila saya ditanya marga apa, saya akan cukup menjawab "marga sagala". Kemudian bila ditanya sagala asal mana atau sagala apa, baru saya menjawab sagala hutabagas. Jd tidak dipisah pisah seperti itu. Trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dang namamoccah, tulisan diatas, marga berdasarkan Abjad, bukan berdasarkan rumpun / ompu.

      Delete
  8. Salelengon hirippu na sian Swiss hami on. Mauliate ma ala adong do hami disi, disurati. Hehe :D

    ReplyDelete
  9. Yang buat ini sok tau alias kemajuan.
    Pintarnya cuma main KLAIM tanpa persetujuan semua pihak marga.
    Saya tidak setuju dengan tulisan ini,terlebihnya karna marga-marga Pakpak dimasukkan kedalam daftar marga Batak.

    PAKPAK BUKAN BATAK !!!
    Njuahjuah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapa yg bilang lae? kau apa semua? atau setidaknya 51% dr keseluruhan, ada? Kasih data otentik lae, biar semua tau kalo omongan mu sesuai fakta. jangan pernah mengklaim dengan "atas nama" kalo hanya kepentingan sekelompok orang. Mauliate ma tu hita saluhutna. Jangan pake emosi kalo mennanggapi ya, biar sama2 enak kita. Haha

      Delete
    2. Klo pakpak bukan batak terus klian mau di blng apa kedan....pelajari sejarah lagi yak...apa lae gk mengenyam bangku sekolah sampai2 gk tau pembagian batak..saya kasih gambaran sedikit..
      1.batak toba
      2.batak karo
      3.batak pakpak
      4.batak mandailing/ankola
      5.batak simalungun
      Jadi
      Horas ma di hamu

      Delete
  10. tolong di koreksi,cabang tarigan,yg ada tarigan gersang bukan tarigan girsang,girsang tu marga orang simalungun bukan karo.

    ReplyDelete
  11. Mauliatema ate lae akka nahurang umboto marga asa diattusi be alai molo boi patorangon nilae do setiap punguan margai asa tamba jelas jala diantusibe punguan marganabe. Horas
    http://www agennonijakartatimur.blogspot.com

    ReplyDelete
  12. Marambalangan, sebaiknya sebelum menulis artikel di kaji dulu. Jgn sampai info yg diberikan ini sesat. Kasian org yg tidak tahu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehh taheee,,.. kau yg harusnya kaji dulu ucapan mu,.. itu tulisan di publish agar bisa di sempurnakan secara bersama,. memangnya siapa yg bilang tulisan itu sudah sempurna !!! Jadi kalo menurut situ ada yg salah di tulisan itu, yah diberi tahu agar bisa di update sama yg memposting tulisan itu,.

      Delete
  13. Woiiiiiii para pembaca,.. Jangan hanya bisa PROTES tapi gak Ngerti yg Kalian Protes itu,.
    Sudah jelas2 disitu dituliskan bahwa Agar diberikan Saran bila ada yang Kurang Lebih,. Bukan Untuk Menghina,..
    Itu artinya bahwa mereka yg memposting itu Masih butuh bantuan dari semua yang perduli terhadap Suku Batak untuk menyempurnakan Tulisan itu.... Penulis itu sendiri tidak ada kok mengatakan bahwa yg mereka Posting itu sudah Sempurna..

    Bagaimana Suku batak bisa maju kalo Bisa nya hanya Protes dan Protes tetapi tidak paham dengan yang di protes,..
    Makanya sebelum memprotes itu, baca dulu dengan baik2 semuanya sampai habis, agar bisa tau apa yg hendak di Kritik atau di Protes..


    ReplyDelete
  14. habeahan, gorat, bondar masuk ke pasaribu

    ReplyDelete
  15. Ada kurang ketua CIBRO (Batak Pakpak)

    ReplyDelete
  16. Dihuta nami adong marga maringga. Alai dang huboto masuk marga aha. Dang adong muse hubereng tercantum. Mlo adong hea mambege marga i, mohon pncerahan. Mauliate.

    ReplyDelete
  17. Tambahan ya ito. Manik ada 2 manik dari pakpak dan Manik dari toba. Dua marga ini tidak ada hubungan darah sama sekali dan dan memiliki garis kekerabatan dgn marga lain yang berbeda.

    ReplyDelete
  18. Tolong masukkan marga Datubara.
    Mauliate

    ReplyDelete
  19. Saya siborutorop..dan saya asa.. Mauliate

    ReplyDelete
  20. Manullang kenapa gaada? Katanya lengkap Hehehehe

    ReplyDelete
  21. itu ko damanik di bilang marga sileban? yang bener saja itu

    ReplyDelete
  22. Bah. Godang na i puang. Dang tarhapal. Haha

    ReplyDelete
  23. Sihole
    Lassoadong puang
    Dang jelas penulis na on
    Dang halak kita hurasa i.

    ReplyDelete
  24. Bah lasso adong
    Margakku i baen halak on.

    ReplyDelete