Horas Ma Dihita Saluhutna

Tahukah Anda Bahwa Orang Batak adalah Masyarakat Yang Unik?

BATAK NETWORK - Horas ma di hita saluhutna. Kali ini kita akan membahas tentang Orang Batak adalah Masyarakat Yang Unik. Berbicara tentang Unik disini bukanlah sesuatu yang berbau langka atau kuno atau kolot. Unik disini bukan juga sesuatu yang aneh. Unik disini adalah sesuatu yang spesial, beda, atau lain dari pada yang lain.

Saya Bangga Jadi Orang Batak - Tahukah Anda Bahwa Orang Batak adalah Masyarakat Yang Unik?
Ungkapan Saya Bangga Jadi Orang Batak - Kumpulan Foto
(Sumber Foto: Google Image)

Kita tahu bahwa Indonesia memiliki banyak Suku Budaya. Bila kita runut dari Sabang sampai Merauke lebih dari ratusan suku dan budaya. Tentunya salah satu suku yang besar di NKRI ini adalah Suku Batak. Orang Batak menyebut Suku Batak ini adalah Bangso Batak.

Penyebutan Bangso Batak pada orang Batak juga merupakan salah satu yang unik. Karena sebutan Bangso (Bansgo bahasa Indonesia artinya Bangsa) hanya ditemukan pada suku Batak. Bila kita kaji lebih jauh, bahwa Suku Batak merupakan sebuah Bangsa (Bangso) yang ada di muka bumi ini, selain bangsa-bangsa lainnya.

Tahukah Anda Bahwa Orang Batak adalah Masyarakat Yang Unik?
Selain Pintar Bernyanyi, bahwa Orang Batak memiliki 5 keunikan tersendiri yang bisa kita jumpai sehari-hari, seperti dilansir oleh BecakSiantar.com.

1. Orang Batak berdaya juang tinggi dan pantang menyerah (strugle)
Orang Batak terutama kaum prianya, begitu lulus SMA kebanyakan tidak mau menjadi petani dengan turun ke sawah dan ladang. Mereka akan merantau ke daerah lain, bisa ke aceh, pekanbaru, batam, palembang, jawa, kalimantan, sulawesi bahkan papua demi kehidupan yang lebih baik. Mereka rela menumpang di rumah kerabat dimana saja, rela kerja apa saja (sopir, kenek, tambal ban, warung makan, pengamen, kuli panggul, timer angkot dll) yang penting halal. Prinsip Orang Batak tegas : “pantang pulang kampung sebelum menjadi orang (berhasil).” Contoh paling nyata, orang batak paling berhasil saat ini, Chairul Tanjung, dari anak singkong jadi anak kingkong (kerajaan bisnis dimana-mana).

2. Orang Batak Persaudaraannya Kuat
Garis keturunan suku batak yang patrilineal membuat para pria membawa garis keturunan keluarga dan mendapat marga sejak dilahirkan. Dimanapun orang Batak berada, baik di Amerika utara maupun di australia selatan, baik di barat afrika maupun di eropa timur, apabila dua orang batak bertemu, dan masih dalam marga yang sama (atau satu rumpun misal Silalahi dengan Sinurat) maka kehangatan sebagai saudara langsung tercipta, karena memang mereka bersaudara. Jika di runut silsilah keluarganya, maka akan ketemu di keturunan keberapa orang-orang tua mereka kakak beradik. Yang lebih mampu membantu yang kurang mampu sudah menjadi hal biasa di kalangan orang batak satu marga. Hal yang sangat sulit di temui di suku lain yang tidak mempunyai marga di batak atau fam di menado.

3. Orang Batak Pantang Untuk Bercerai dan Menganut Paham Monogami
Ketika orang Batak sudah berkeluarga, sebuah perceraian merupakan sesuatu yang sangat tabu dan pantang. Karena perkawinan bagi orang Batak adalah sakral dan amanah dari Tuhan dan leluhur. Permasalahan apapun yang dihadapi oleh keluarga Orang Batak, maka perkawinan akan tetap dipertahankan. Karena pernikahan bukan hanya sekedar mempersatukan dua orang saja, melainkan merpesatukan kedua keluarga besar dari masing-masing mempelai.

Orang Batak menganut paham monogami. Tidak dibenarkan adanya paham poligami bagi orang Batak. Ketika orang batak sudah menikah, maka pernikahan ini akan dijaga sebaik-baiknya. Apabila seorang suami memiliki lebih dari 1 istri, maka akan terjadi perang keluarga di keluarga tersebut.

4. Orang Batak Pintar dan Banyak Taktik (BATAK)
Bila kita lihat di berbagai instansi (dunia pekerjaan) di republik ini, maka kita pasti akan menemukan orang Batak di dalamnya. Baik di dunia bisnis (swasta) maupun pemerintahan. Orang Batak juga mempunyai Taktik (pola pikir yang maju). Salah satu contohnya adalah Lagu Batak yang berjudul Anak Medan. Bila kita simak lirik lagunya itu menggambarkan bagaimana Orang Batak hidup di perantauan. Seperti "Modal Pergaulan Bisa Hidup di Mana pun (perantauan)". Orang Batak pintar bergaul dan banyak akal untuk hidupnya agar survive.

5. Orang Batak Punya Sentuhan Midas
Sentuhan midas bermakna mampu merubah apapun yang biasa-biasa bahkan yang dibuang orang menjadi emas. Beberapa Orang Batak mempunyai sentuhan midas ini, dalam ruang lingkup yang bersesuaian.

Akun Pakde kartono dalam tulisannya di Kompasiana.com mengatakan: "Saya teringat perkataan seorang direktur keuangan (orang batak) sewaktu di kantor Jakarta 10 tahun lalu, Sebut saja namanya Poltak. Ia mengatakan : hebatnya orang batak, ditaruh dibagian apa saja tetap hidup, di bagian arsip hidup, dibagian gudang logistik hidup, di bagian marketing hidup, di bagian keuangan apalagi, lebih hidup.”

Itulah keunikan Orang Batak. Mungkin Anda memiliki pandangan lainnya mengenai Bahwa Orang Batak adalah Masyarakat Yang Unik? Mari kita saling diskusi.

Demikian tulisan singkat tentang "Tahukah Anda Bahwa Orang Batak adalah Masyarakat Yang Unik?", semoga bermanfaat. Salam. Horas.***

2 Responses to "Tahukah Anda Bahwa Orang Batak adalah Masyarakat Yang Unik?"